Android Anda Lemot? Coba 5 Cara Ampuh untuk Mengatasi HP Android Lemot


Smartphone merupakan alat komunikasi yang dimiliki hampir oleh setiap orang. Smartphone memberikan banyak manfaat dalam berbagai aspek kehidupan manusia. semakin hari semakin banyak inovasi yang telah dikembangkan dalam Smartphone Android.

Kemudahan dalam mengoperasikannya membuat hampir semua orang menggunakannya. Namun tidak sedikit juga yang mengalami kendala saat mengoperasikannya. macet/lag/lemot merupakan masalah yang paling sering muncul saat menggunakan Smartphone.

Sebenarnya banyak yang hal yang dapat menyebabkan Smartphone anda mengalami masalah lemot hang atau semacamnya. mulai dari faktor usia, banyaknya aplikasi yang tersinstall, penggunaan multitasking yang berlebihan, hingga faktor eksternal seperti ponsel pernah jatuh atau terkena guncangan keras dapat menyebabkan Smartphone anda lemot.

Lantas Bagaimana cara mengatasinya?banyak solusi yang dapat di coba untuk meringankan beban pada smartphone agar terasa lebih cepat. berikut ini ulasannya:

1. terlalu banyak aplikasi bikin Android lemot
Terkadang saat membuka Play store kita disuguhkan banyak sekali aplikasi-aplikasi sehingga kita tertarik untuk mencobanya. Tapi tahukah anda bahwa semakik banyak kita mengistall aplikasi semakin berkurang juga kapasitas memori perangkat anda. Sisa memori yang sedikit dan penggunaan RAM oleh banyak aplikasi juga akan membuat performa ponsel anda menurun. Jadi installah aplikasi-aplikasi yang sekiranya penting saja.

2. Bersihkan cache secara berkala
Cache adalah data penyimpanan berkelanjutan yang tersisa saat dan setelah menggunakan aplikasi. Sama halnya dengan data, cache juga bisa membuat ruang penyimpanan ponsel Anda semakin tipis. Nah lakukanlah penghausan cache secara teratur melalui aplikasi Files Go yang bisa didownload di PlayStore.

3. Matikan Aplikasi yang tidak digunakan
Menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan (Multitasking) merupakan salah satu fitur yang ada pada android. dengan fitur ini kita dapat berpindah dari aplikasi ke aplikasi lainnya hanya dengan membuka recent apps tanpa perlu loading ulang saat berganti aplikasi. intinya semua aplikasi itu sedang berjalan semua meski tidak ditampilkan pada layar. namun ini juga yang akan membuat ponsel anda lemot karena kapasitas memori RAM yang terbatas. jadi gunakan fitur ini secara bijak dengan menutup aplikasi yang tidak digunakan dalam waktu dekat.

4. Update Aplikasi dan Firmware Android
Di setiap pembaruan software, pastinya ada perbaikan dari masalah aplikasi terdahulu, penambahan fitur, dan keamanan yang lebih baik. Oleh karena itu, pastikan kamu selalu mengecek pembaruan OS ataupun aplikasi yang diinstal dari Play Store. Karena selain bisa memberikan pengalaman yang lebih baik saat digunakan, aplikasi yang terupdate bisa membantu hape kamu berjalan lebih cepat. untuk melakukan upgrade firmware ke versi terbaru bisa cara flashing manual atau menggunakan fitur update pada pengaturan

5. Factory reset/Install ulang
Cara yang paling dikamulkan untuk mendapatkan performa hape seperti baru adalah dengan melakukan factory reset atau format ulang. Langkah ini akan menghapus semua aplikasi, data, virus, dan pengaturan yang tidak tepat ke setingan pabrik.

Nemo enim ipsam voluptatem quia voluptas sit aspernatur aut odit aut fugit, sed quia consequuntur magni dolores eos qui ratione voluptatem sequi nesciunt.

Disqus Comments